Cara Memilih Nama Domain Yang Benar

Nama domain memang menjadi hal utama yang perlu dipikirkan matang-matang. Karena dalam sebuah blog nama domain akan menjadi brand yang bertujuan untuk membuat pengunjung ingat atau ada tujuan lainnya. Dalam artikel ini akan kita bahas mengenai bagaimana cara memilih nama domain yang benar.

Dalam memilih nama domain hendaknya anda menentukan terlebih dahulu apa tujuan anda membuat blog. Sesuai dengan tujuan dalam membuat blog anda bisa menemukan nama domain yang pas. Cara ini saya rangkum dari berbagai sumber dan sedikit dari pengalaman saya sendiri.

Cara Memilih Nama Domain
Cara Memilih Nama Domain

Cara Memilih Nama Domain

Hal pertama dalam memilih nama domain tentukan dahulu tujuan anda membuat blog. Berikut ini beberapa saran nama domain yang sesuai dengan tujuan dibuatnya suatu blog.

Tabel Saran Nama Domain
Tabel Saran Nama Domain
Sebenarnya ada banyak lagi tidak terpatok pada tabel diatas. Anda bisa juga menambahkan nama tempat tinggal anda, nama hewan kesukaan, nama makanan dan banyak lagi. Seperti blog pribadi bisa anda gabungkan dengan blog desain jadi saran domainnya: masdesain, kangart, desainku dan lain-lain.


Pilih Domain Dengan Kata Kunci

Domain dengan kata kunci memang bagi sebagian orang berkata bahwa itu kurang efektif, tidak disukai google dan banyak lagi yang berkata jika itu tidak bagus untuk blog. Tetapi menurut saya domain dengan kata kunci itu ada untungnya juga.

Sebagai contoh domain dengan kata kunci adalah caracermat.com. Dari namanya saja anda pasti sudah mengetahui kata kunci apa saja yang ada didalamnya. Kata kunci "cara" dan "cermat". Dengan nama domain yang ditambahkan dengan kata kunci. Maka artikel dari caracermat.com yang berhubungan atau membahas tentang cara. Akan membuat artikel tersebut berada posisi yang bagus di google.

Contohnya jika anda mencari di google dengan kata kunci "cara menang cerdas cermat" maka artikel dari caracermat.com menjadi urutan pertama di search engine. Hal ini dikarenakan nama domain yang memiliki kata kunci.

cara memilih nama domain
cara memilih nama domain


Maka dari itu jangan ragu untuk memakai domain dengan kata kunci. Cara memilih nama domain ini bisa anda terapkan, Sebagai jalan untuk sedikit mendongkrak posisi di google.

Pilih Domain Singkat

Cara memilih nama domain ini memang sangat sulit karena kebanyakan nama domain yang singkat dibawah 5-6 huruf sudah banyak yang menggunakan. Akan tetapi bukan tidak mungkin anda menemukan nama domain yang singkat.

Jika misalnya anda ingin menggunakan nama domain cara.com tetapi sudah digunakan orang lain. Anda bisa menambahkan caraku.com, icara.com, carain.com dan lain lain.

Pilih Domain Dengan Target Lokasi

Target lokasi bisa anda pilih ketika anda ingin memakai suatu domain untuk keperluan yang berhubungan dengan suatu daerah. Sebagai contoh jika anda ingin membuat website berita kalimantan. Jadi anda bisa menggunakan nama domain dengan menambahkan nama daerah tersebut seperti kalimantannews.com, borneonews.com, boreneoinfo.com, infokalimantan.com dan lain-lain.

Hal ini dapat membuat website anda menjadi lebih memiliki posisi di google. Karena suatu contoh jika ada pengunjung google yang mencari berita seputar kalimantan. Maka website anda akan berpotensi berada diatas karena nama domain anda sudah merupakan kata kunci.

Baca Juga: Pengertian dan Macam-Macam Nirmana

Pilih Nama Domain Yang Mudah Diingat dan Mudah Diketik

Memilih domain yang mudah diingat dan mudah diketik merupakan salah satu tips memilih nama domain. Karena jika nama domain anda panjang dan susah diketik. Misalnya memakai simbol-simbol dan banyak karakter yang kurang jelas. Maka akan membuat orang susah untuk mengingatnya sehingga menyusahkan pengunjung jika ingin membuka kembali website anda.

Lalu bagaimana jika nama domain anda mudah diingat dan mudah diketik?. Makan akan membuat pengunjung tidak kesulitan dan tidak perlu mengetik lama untuk membuka website anda. Salah satu contoh nama domain yang mudah diingat dan mudah ditulis adalah sebagai berikut: olx.com, kaskus.com, tokopedia.com, wikipedia.com dan lain lain.

Itu tadi bagaimana cara memilih nama domain yang benar. Semoga bisa membantu anda yang sedang kebingungan untuk memilih nama domain. Terimakasih telah berkunjung di artikelcara.com dan jangan lupa bahagia.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel