Cara Membuat Artikel Blog Ala Yoast SEO

Yoast SEO merupakan salah satu pugin terbaik, yang sering digunakan oleh para blogger. Untuk membantu dalam membuat artikel yang baik dan benar. Kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara membuat artikel blog yang baik dan benar sesuai resep dari Yoast SEO.

Sebelum itu saya akan menerangkan bahwa di artikel ini, saya bukan memberikan tutorial bagaimana caranya membuat artikel yang SEO. Melainkan saya akan memberikan rangkuman mengenai bagaimana sih artikel yang menurut Yoast SEO itu baik dan benar.

Cara Menulis Artikel Blog Ala Yoast SEO
Cara Menulis Artikel Blog Ala Yoast SEO


Cara Membuat Artikel Blog

Dalam penulisan artikel masing-masing orang berbeda cara dan konsep nya. Namun kali ini kita akan membuat artikel menggunakan bantuan dari Yoast SEO.
Saya menggunakan Yoast SEO versi free atau gratis, jika anda ingin membeli versi premium silahkan pilih menu premium pada Yoast SEO. Tentunya jika menggunakan Yoast SEO Premium akan menambah fiture yang tidak ada di versi gratis. Berikut ini ulasannya mengenai cara membuat artikel blog yang baik dan benar ala Yoast SEO.

Cara Membuat Artikel Blog
Tampilan awal Yoast SEO Saat Membuat Artikel

Membuat Focus KeyPhrase

Bagian ini merupakan bagian yang paling pertama harus diisi, Focus Keyphrase bisa dibilang kalimat yang akan kita jadikan keyword dalam artikel. Cara membuatnya anda tinggal mengisinya di kolom Focus setting Yoast SEO saat membuat artikel.
Biasanya saya menggunakan Focus Keyphrase dengan 2 sampai 5 kata, sesuai keperluan jana.

Membuat Judul Artikel

Mengisi judul menurut resep dari Yoast SEO tidak boleh terlalu panjang dan harus memuat Fokus Keyphrase. Jika anda tidak memasukkan Fokus Keyphrase pada Judul atau  Judul yang terlalu panjang maka akan ada pemberitahuan pada bagian Yoast SEO untuk memasukkan Fokus Keyphrase pada judul.
Pada intinya kita harus mengikuti apa yang diinginkan Yoast SEO karena kita menggunakan Yoast SEO sebagai penuntun dalam membuat artikel yang baik dan benar.

Baca Juga: Cara Memilih Nama Domain yang Benar

Membuat Slug

Slug kita gunakan untuk mempersingkat URL dan juga mempermudah mesin pencari untuk mengindeksnya. Contoh Slug yang tepat adalah slug yang memuat Focus Keyphrase atau keyword dan slug yang benar menurut Yoast SEO adalah slug yang tidak terlalu panjang. Biasanya saya membuat slug dengan 3 sampai 4 kata.

Slug Membuat Artikel Blog
Slug Membuat Artikel Blog


Membuat Meta Description

Setelah membuat Slug selanjutnya kita diarahkan Yoast SEO untuk membuat Meta Description. Sebelum menentukan isi dari Meta Description sebaiknya anda pikirkan terlebih dahulu seperti ada tidaknya fokus keyphrase didalam Meta Description, sebaiknya ada.

Meta Description Membuat Artikel Blog
Meta Description Membuat Artikel Blog

Jika tidak ada maka akan ada pemberitahuan pada bagian Yoast SEO untuk memasukkan Fokus Keyphrase pada Meta Description.
Setelah melakukan setting artikel diatas maka akan ada tampilan Snippet Preview yang memuat Judul, Slug dan Meta Description. Seperti gambar dibawah ini.

Tampilan Snippet Preview di Yoast SEO
Tampilan Snippet Preview di Yoast SEO


Membuat Paragraf Pertama

Pada Paragraf pertama ini menurut saran dari Yoast SEO sebaiknya diletakan Focus Keyphrase. Selebihnya silahkan anda kreasi kan yang menurut anda dapat membantu artikel bisa berada di halaman pertama pencarian atau biasa disebut dengan pageone.

Baca Juga: Cara Menjadwalkan Artikel di Wordpress

Pengaturan Keyphrase Dencity

Selanjutnya saat menggunaka Yoast SEO dalam membuat artikel di wordpress anda juga harus untuk menyesuaikan jumlah Focus Keyphrase yang ada pada isi artikel. Sesuai dengan saran Yoast SEO ini dinamakan Keyphrase Density. Jumlahnya yaitu antara 0,5% sampai dengan 2,5%.

Pengaturan Link Dalam Artikel

Selain itu anda juga disarankan untuk menambahkan link yang menuju ke blog anda sendiri. Bisa itu halaman beranda atau artikel anda lainnya link ini disebut internal link.
Dan ada juga Outbound link yang harus ditambahkan didalam artikel. Outbound link merupakan link dari web maupun blog lain.
Sebaiknya anda menggunakan link yang sesuai dengan pokok pembahasan agar pembaca juga tertarik untuk membukanya. Bukan sekedar melengkapi syarat dari Yoast SEO.

Pengaturan Image Alt Attributes

Selanjutnya hal yang perlu diperhatikan dalam membuat artikel blog menurut Yoast SEO adalah Image Alt Attributes. Ini merupakan ada atau tidaknya Focus Keyphrase pada suatu Alt Gambar.

Memperhatikan Readability dari Artikel

Readability merupakan kelayakan untuk dapat dibaca dan mudah untuk dipahami. Keberadaan Subheading mempengaruhi nilai dari readability.

Selain itu menurut system Yoast SEO jumlah kata dalam satu kalimat dan paragraf juga perlu diperhatikan tidak boleh terlalu panjang. Pastikan jika status Readability Analysis hijau seperti gambar dibawah ini.

Readability Membuat Artikel Blog
Readability Membuat Artikel Blog
Itu tadi bagaimana cara membuat artikel blog yang benar menurut Yoast SEO. Jika ada kesalahan saya dalam menanggapi system dari Yoast SEO mohon di beritahukan melalui kolom komentar dibawah ini. Terimakasih telah berkunjung di artikel yang berjudul Cara Membuat Artikel blog Ala Yoast SEO.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel